Selasa, 17 April 2012

Penerapan Cloud Computing

Trend penggunaan layanan Cloud Computing pada tahun 2012 ini terlihat mengalami peningkatan. Beberapa perusahaan teknologi sudah memperkenalkan layanan Cloud Computing bagi masyarakat secara luas.
Sehubungan layanan berbasis Cloud Computing telah dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat, ada beberapa hal yang patut kita lihat dari penerapan oleh Pemerintah Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam ini pemerintah Amerika Serikat melalui NIST telah mengelompokkan tipe-tipe development layanan Cloud Computing, yaitu:
1. Private Cloud
Private Cloud yang hanya dimiliki oleh sejumlah perusahaan atau individual. Di mana sebuah infrastruktur layanan cloud, dioperasikan hanya untuk sebuah organisasi tertentu. Infrastruktur cloud itu bisa saja dikelola oleh si organisasi itu sendiri atau oleh pihak ketiga. Lokasinya pun bisa on-site ataupun off-site.
Biasanya organisasi dengan skala besar saja yang mampu memiliki atau mengelola private cloud ini. Hal ini sangat bagus sekali untuk menjadi suatu keamanan dari layanan ini dan biasanya untuk menjalankan hal ini diperlukan biaya yang lumayan tinggi.
2. Community Cloud
Dalam model ini, sebuah infrastruktur cloud digunakan bersama-sama oleh beberapa organisasi yang memiliki kesamaan kepentingan, misalnya dari sisi misinya, atau tingkat keamanan yang dibutuhkan, dan lainnya.
Jadi, community cloud ini merupakan “pengembangan terbatas” dari private cloud. Dan sama juga dengan private cloud, infrastruktur cloud yang ada bisa di manage oleh salah satu dari organisasi itu, ataupun juga oleh pihak ketiga.
Dari dua hal diatas memang masing-masing mempunyai keuntungan dan kekurangan, tapi sejauh mana hal itu dikembalikan kepada tujuan akhir pembangunan cloud computing itu sendiri. Sedangkan dalam penerapan di pasar saat ini berbeda-beda dan bisa saja disesuaikan kebutuhan pasar dari cloud computing itu sendiri. 

Sumber :
http://infotekno.co.id/column/2012/03/09/penerapan_cloud_computing_di_masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar