Kamis, 29 Desember 2011

Jawaban Tes Akhir VLSM (Jaringan Komputer Lanjut)

VLSM digunakan untuk membagi IP address menjadi beberapa network. VLSM berguna agar menghindari pemborosan pemakaian / pemberian IP address ke instansi tertentu.VLSM membagi network bukan berdasarkan kelas melainkan berdasarkan subnetmask atau disebut juga Classless Inter-Domain Routing (CIDR).


Mayor Jaringan: 200.200.0.0/16
Tersedia alamat IP dalam jaringan utama: 65534
Jumlah alamat IP yang dibutuhkan: 76
Tersedia alamat IP dalam subnet dialokasikan: 142
Sekitar 0% dari ruang alamat jaringan yang tersedia utama yang digunakan
Sekitar 54% dari ruang alamat subnet jaringan yang digunakan

Jawaban Tes Awal VLSM (Jaringan Komputer Lanjut)

IP = 200.0.1.0/24
Jumlah divisi = 5
Jumlah lantai = 5
Jumlah router per lantai = 5
#Subnet untuk Router per divisi = 5x (5x 3 Host + 5x (NID+BID))
Berarti 2n – 2 >= 125, n = 7, jumlah vlsm = 128
Net prefix = 32 – 7 = 25
IP router menjadi 200.0.1.0/25 – 200.0.1.127/25 dengan netmask 255.255.255.128
Pembagian Host/router = 5


Subnet untuk Router per lantai =  5×2 Host + 5x(NID + BID) = 20
Berarti 2n – 2 >= 20, n = 5, jumlah vlsm = 32
Net prefix = 32 – 5 = 27
IP router menjadi 200.0.1.128/27 – 200.0.1.159/27 dengan netmask 255.255.255.224
Pembagian Host/router = 4


Subnet untuk per divisi per lantai =  79host + 5 router + NID + BID = 86
IP = 200.0.2.0/24
Berarti 2n – 2 >= 86, n = 7, jumlah vlsm = 128
Net prefix = 32 – 5 = 27
IP router menjadi 200.0.2.0/25 – 200.0.2.127/25 dengan netmask 255.255.255.128
Pembagian Host/router = 7


Subnet per divisi dengan range IP sesuai kebutuhan dengan VLSM
Hasil Subnet


Gambar skema Network






Minggu, 25 Desember 2011

E-Government, E-Learning, E-Employment, dan E-Agriculture

E-goverment
            Merupakan website atau blog khusus untuk lembaga pemerintahan suatu Negara biasanya website milik Negara ini memiliki domain .go.id. go ini merupakan government dan id merupakan identitas Negara kita yaitu Indonesia. Salah satu contoh website government Indonesia adalah www.indonesia.go.id

 

            Website ini berisi informasi tentang semua berita tentang Negara kita Indonesia mulai dari informasi piliti, kebudayaan , kepala Negara kita dan wakilnya. Tetapi terdapat beberapa kekurangan di website ini tidak terdapat konten untuk meberikan komentar untuk Negara Indonesia dan orang-orang yang berada di dalamnya.



E-Learning
            Merupakan website yang berbasis pendidikan. Website ini digunakan untuk belajar para pelajar untuk melakukan latihan atau mendownload materi pelajaran. Karena berbasis pendidikan website ini memiliki domain .ac.id. ac merupakan academic dan id adalah Indonesia. Salah satu contoh website e-learning adalah http://elearning.gunadarma.ac.id


            Website ini digunakan untuk belajar para mahasiswa gunadarma. Dengan melihat website ini mahasiswa dapat belajar tanpa menungu diberikan oleh dosen. Salah satu kekurangan website ini adalah pada halaman pertama website ini tidak terdapat login. Seharusnya terdapat log in sehingga dapat mengetahui jurusan dan menentukan materi yang hanya khusus untuk jurusannya.



E-Employment
            Merupakan merupakan salah satu website yang digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan untuk para pegawai. Website ini biasanya menjelaskan dengan detail pekerjaan yang dibutuhkan dan syarat yang di inginkan. E-Employment merupakan sarana untuk mereka yang ingin mencari pekerjaan. Salah satunya adalah www.lowongankerja.com



Menurut pendapat saya kekurangan dari website lowonganpekerjaan ini adalah tidak adanya lamaran langsung didalah website terserbut. Hanya menampilkan email agar pengunjung bisa mengirimkan lamaran ke email tersebut, dan tidak adanya pemberitahuan lowongan pekerjaan sudah terambil atau belum. Kelebihan website ini cukup update dengan pekerjaan yang baru dan diperlukan.


E-Agriculture
                Merupakan website untuk cara bercocok tanam yang di khususkan untuk para petani atau pengunjung yang ingin tahu informasi cara menanam atau cara bertani. Salah satu website E-Agriculture di Indonesia adalah http://www.situshijau.co.id/



Kelebihan website ini sama dengan website E-Agriculture yang lain yaitu memberikan informasi tentang cara menanam dan bertani yang baik. Kekurangannya di website ini tidak terdapat komentar karena apabila pengunjung tidak mengerti apa yang diterangkan dalam konten tersebut maka pengunjung dapat bertanya langsung.
 




Rabu, 02 November 2011

Dampak dari kejadian di Indonesia (Reshuffle cabinet Indonesia bersatu dan kejadian gempa bumi di Nusa dua Bali)



                Berita baru-baru ini Indonesia muncul 2 kejadian yang berpengaruh terhadap Negara Indonesia. Pertama kita membahas reshuffle cabinet yang dilakukan oleh cabinet Indonesia bersatu yang dipimpin oleh presiden kita sekarang yaitu Susilo Bamabang Yudoyono yang merupakan perombakan para mentri yang bertugas selama SBY berkuasa. Salah satu contoh dampak reshuffle cabinet Indonesia bersatu. Bila kita lihat lebih jauh tentang Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, maka di sini kebudayaan adalah urusan wajib dan pariwisata sebagai urusan pilihan. Apabila kebudayaan dipindahkan ke kemen­terian lain, maka tinggal pariwisata sendiri sebagai urusan pilihan. Sedangkan sebutan ekonomi kreatif itu nampaknya hanya sebagai peleng­kap untuk bisa lebih mengem­bangkan kepariwisataan. Selama ini kebudayaan sudah sinkron dengan pariwisata, di mana kita memajukan dan melestarikan kebudayaan adalah untuk menunjang pariwisata. Kebu­dayaan secara luas tidak bisa dilepas dari pariwisata dan begitu pula sebaliknya. Apabila kepariwisataan tidak dilandasi oleh kebudayaan maka pariwisata akan lepas kendali, kering dan sepi sehingga bisa memunculkan pariwisata maksiat. Dan apabila kebudayaan tidak disertai oleh pariwisata maka budaya itu akan stagnan, tidak berkembang yang akhirnya ditinggalkan.

                Dampak positif dari resufle ini belum ada yang terlihat. Kita dapat melihatnya dalam tiga tahun kedpan ini bagaimana dampak dari reshuffle para mentri ini. 

                Dan kejadian gempa yang terjadi di nusa dua bali mengakibatkan kurangnya wisatawan yang berkujung ke bali. Karena kita tahu bali merupakan tempat wisata yang mendunia sehingga bencana alam yang terjadi di nusa dua bali membawa dampak menurunya wisatawan local maupun asing yang berkunjung ke bali. Sehingga pendapatan yang diterima oleh Negara menurun. Sebuah bencana tentu lebih banyak membawa dampak negative dari segi mana pun.

Kamis, 13 Oktober 2011

E-Business dan E-Commerce


E-Business  adalah kegiatan bisnis yang dilakukan pada media internet atau elektronik secara otomatis atau semiotomatis.  E-Business merupakan pemanfaatanteknologi dan informasi(ICT). Oleh karena itu E-Business berfokus kepada ICT untuk memungkinkan aktifitas eksternal dan hubungan bisnis antara individu, kelompok atu organisasi. E-businees memiliki beberapa macam jenis diantaranya  E-Marketing dan E -Commerce merupakan salah satu dari bagian E-Business.

E –Commerce adalah perdagangan melalui media elektronik salah satunya dengan menggunakan internet. E-Commerce juga dapat disebut elektronik dagang. Para pedagang elektronik menggunakan website, blog, maupun media social untuk memasarkan barangnya. Setiap konsumen yang ingin melakukan transaksi maka dapat menghubungi pedagang dengan memesan meggunakan email atau media lain. Transaksi yang dilakukan biasanya dengan cara menggunakan Credit Card lalu pedagang akan mengirimkan barang kealamat konsumen yang mambeli. Keunggulan dangang menggunakan internet untuk pembeli adalah pembeli tidak perlu berjalan keluar rumah untuk membeli barang yang dinginkan, sedangkan pedagang tidak perlu membuat iklan atau menyewa tempat untuk menjual barang yang ingin dijual. Jika terdapat kelebihan juga terdapat juga kelemahan salah satunya adalah penipuan  pembeli sudah mengirimkan uang tetapi barang yang dipesan melalui E-Commerce tidak datang kepada pemesan atau barang sudah sampai kepada pemesan tetapi tidak sama seperti yang dipesan.
Salah satu contoh website E-Commerce yang terbaru adalah Toko bagus.com merupakan sarana lain untuk melakukan transaksi jual beli. Dengan website ini kita dapat menceri barang yang kita inginkan dengan kondisi baru maupun Second (bekas). Tapi setiap orang yang membeli harus berhati-hati agar dapat melakukan transaksi dengan aman tanpa penipuan oleh pihak lain. Website tersebut hanya menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Website E-Commerrce lainya antara lain adalah Kaskus.com dan masih banyak lagi.

Minggu, 03 April 2011

modeling or animation

animasi adalah suatu model atau objek yang bergerak bisa menggambarkan suatu keadaan atau suatu kegiatan.
dalam objek ayng kita pakai sebagai animasi disebut dengan model objek yang bisa digambarkan sebagai orang, benda, binatang dan lain-lain. dalam era perkembangan ini banyak teknologi yang dapat menciptakan suatu animasi secara real, dengan menggunakan softwere tertentu manusia dapat membuat suatu objek sesuai dengan kehidupan nyata salah satu softwerenya adalah blender.
belender merupakan aplikasi animasi yang berfungsi untuk membuat animasi yang diawali dengan membentuk suatu objeck yang dapat diubah bentuknya dengan menggunakan batuan titik, garis dan sisi dengan cara seperti itu kita dapat membuat suatu bentuk sesuai dengan keinginan kita.
blender juga dapat menghasilkan suatu gerakan animasi dengan menggunakan time line yang berfungsi sebagai waktu dalam flash sehingga kita dapat menggatur gerakan suatu objek tiap detik sehingga dapat menimbulkan gerakan yang mengandung arti dan yang kita sebut juga animasi.

Sabtu, 19 Februari 2011

Sejarah perkembangan game


Pada masa lalu kita game hanya berupa dari gabungan dari titik-titik yang bisa digerakan oleh user. Dan lalu game berkembangan tahun ke tahun sehingga sampai sekarang gama tidak hanya dapat menampilkan gambar yang abstak juga dapat menampilkan gambar yang real (seperti dunia nyata)
Dahulu game yang pertama saya mainkan adalah nitendo yang hanya dapat menampilkan gambar  video dengan kualitas gambar dua dimensi. Ternyata sebelum itu console nitendo ada console yang sebelumnya dapat dimainkan oleh orang. Tetapi kualitas gambar hanya sebatas titik dan garis dan hanya beberapa warna yang bisa diggunakan.
Dan saya akan membahas tentang perkembangan game dari pertama kali muncul sampai sekarang.

Generasi pertama
Game yang terkenal pada masa itu adalah PONG merupakan game yang seperti bermain ping pong yang dapat dimainkan oleh dua orang. Pada waktu PONG dimainkan pada console Oddysey yang di produksi pertama kali oleh perusahaan Magnavox.
Console ini sangat pencuri perhatian karena ini merupakan trobosan pertama sebuah pemainan yang dapat dimainkan oleh manusia yang berinterasi dengan  mesin. Dan benar dapat mendapatkan kesenangan dari permainan yang dimainkan. Console ini keluar pada tahun 1972.


Generasi kedua
Generasi kedua dimulai pada tahun 1976 dimana era munculnya 8 bit kurang dari 4 bit era. Pada generasi ini  keluar console gameyang di rilis oleh Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video system.
Dan pada generasi kedua ini juga banyak bermunculan console video game dan menjadi  buruan orang banyak. Console yang termasuk generasi kedua adalah dari ki-ka adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 ,  Atari 5200


Generasi ketiga
Meupakan generasi munculnya nitendo dan sega. Console game yang pertama kali saya mainkan. Generasi tiga ini dimulai pada tahun 1983 yang di produksi oleh negri matahari terbit yaitu jepang yang perusahaannya bernama FAMICOM atau yang suka saya sebut sebagi nitendo yang juga menggunakan 8 bit prosessor. Dan setelah itu muncul SEGA yang menjadi saingan NITENDO pada game console yang beredar. Secara kualitas gambar kedua console game ini hampir sama, tetapi sega memiliki 16 bit prosessor .






Generasi Keempat
Disini mulai mengenal console game mini yang bisa dibawa kemana-mana. Generasi empat dimulaia pada tahun 1988 dimana nitendo dan sega masih terus bersaing Sega mengeluarkan sega baru yaitu Sega mega drive yang kualitas gambarnya lebih bagus dibandingkan nitendo setelah itu NES tidak mau kalah sehingga NES kembali meluncurkan SNES(super nitendo entertainment system. Dan setelah itu bermunculan console game mini seperti gameboy yang diprduksi oleh nitendo, dan mulai berkeluaran produk console game yang berbasis CD.

Generasi Kelima
Ini merupakan perkembangan yang paling drasitis SONY mengeluarkan SONY PlayStation yang menrupakan console game yang sudah bisa memiliki gambar 3D dan menggunakan prosessor 32 bit. Console ini menggunakan CD untuk memainkan jenis permainan dengan menggunakan optic utuk membaca kepingan CD setiap game yang di masukan. Kualitas gambar hamper seperti real. Seluruh orang didunia menganggap ps ini sebagai trobosan yang baik dalam dunia game. 


Generasi keenam
Pada Generasi ini mulai berdatangan console game yang mendukung gambar 3D dan mulai persaingan yang ketat karena beberapa produsen menunjukan keunggulan masing- masing dari console yang mereka produksi. Seperti xbox yang ingin  menyaingi ketenaran dari playstation tetapi SONY tidak mau ambil diam, lalu dia memproduksi PS2 yang kualitas gambar lebih baik dari ps1. Ps2 ini menggunakan RAM dan menggunakan kepingan DVD karena data dari video game yang disimpan sudah cukup besar sekitae 4 gigabite.

Generasi ketujuh
Sony playstasion mengeluarkan PS3 yang kualitas gambar real pada generasi ini juga keluar saingan dari ps3 yaitu xbo 360 dan nitendo wii. Semua game ini memiliki kualitas gambar yang hamper sama tetapi sangat jauh dengan kualitas gambar di generasi kelima. Dan data pad video game yang diggunakan cukup besar. Seperti Sony play station 3 menggunakan blue ray , blue ray berkapasitas 200 giga bite bahkan sekarang sudah ada yang 500 gigabite.
Semua console ini juga bisa dimainkan didalam PC atau computer tetapi computer anda harus berspesifikasi bagus sehingga dapat menampilkan gambar real dengan kualitas gambar yang bagus.